ANDREAS P.
094284036/C
FIS/S-1 PEND. SEJARAHAH ‘09
UTS IAD (ILMU ALAMIAH DASAR)
1. Tulislah
poin-point penting belajar IAD (Ilmu Alamiah Dasar) dalam pembelajaran Sejarah?
Point-point
penting atau tujuan utama dari pentingnya pembelajaran IAD atau Ilmu Alamiah
Dasar sebagai berikut :
·
Meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, melalui pemahaman tentang Eksistensi dan hakekat alam semesta,
·
Meningkatkan kesadaran manusia, tentang
keterkaitan antara kehidupan manusia dengan alam dan lingkungan,
·
Meningkatkan wawasan tentang alam dan
lingkungan yang memberikan kekuatan, bagi sumber-sumber kemakmuran masyarakat.
·
Meningkatkan kecintaan sumber daya alam
dan lingkungan
·
Meningkatkan nilai-nilai sumber daya
alam dan lingkungan sebagai pendorong semangat ilmiah dalam kaitan dengan
perkembangan IPTEK,
·
Mengembangkan kemampuan pribadi untuk
berkehidupan masyarakat terutama dalam bidang kekaryaan dan profesi,
·
Mampu berpikir secara rasional,
sistematis, dan bersikap profesional dalam menyelesaikan masalah hidup,
·
Berjiwa besar dan mampu menerima
pendapat orang lain secara logis dan ilmiah,
·
Memupuk rasa tanggung jawab terhadap
sumber daya alam dan lingkungan,
·
Mengembangkan interaksi yang selaras
antara disiplin ilmu eksak dan non ekasak.
Di lihat tujuan di atas dapat disimpulkan
atau di ambil point dari pentingnya belajar IAD dalam pembelajaran Sejarah,
yaitu keterkaitan antara Ilmu sosial dan Ilmu alam bahwa saling melengkapi dan
sama-sama membutuhkan Ilmu Bantu dalam mengaplikasikan atau
mempertanggungjawabkan penemuan Ilmiah atau penemuan sejarah dengan Logis dan
Ilmiah.
2. Jelaskan
komponen dari Human Capital Investment?
Sejak
dilahirkan, manusia mempunyai modal dalam interaksi dengan alam atau dapat
menginvestasikan kemampuannya terhadap alam dengan menggunakan panca inderanya.
Panca indera merupakan alatkomunikasi antara alam dengan manusia yang
membuahkan pengalaman. Manusia memiliki kemampuan berpikir dan bernalar, inilah
salah satu kelebihan sifat unik manusia yang berbeda dengan makhluk hidup
lainnya. Rasa ingin tahu manusia juga menjadikan manusia bermodal investasi,
dengan selalu nerpikir dan mersesapi apa yang terjadi di alam dan membuahkan
sebuah karya atau pemikiran baru. Manusia diciptakan di dunia untuk selalu
berpikir dan rasa ingin tahu dan bagaimana cara menyelesaikan sebuah masalah.
Beberapa
kelebihan manusia di antara makhluk lainnya akan saya jelaskan di bawah ini :
·
Manusia sebagai makhluk berpikir yang
bijaksana, yang dicerminkan dalam tindakan dan perilakunya terhadap lingkungan,
·
Pada manusia terjadi pengambilan dan
penggunaan mkanan atau pertukaran zat, antara zat yang masuk dan zat yang
dikeluarkan,
·
Manusia mampu memberikan tanggapan atau
reaksi terhadap rangsangan dari dalam dan luar atau perubahan sekitarnya,
·
Manusia memiliki potensi atau kemampuan
berkembang biak,
·
Tumbuh dan bergerak serta mempunyai daur
hidup.
·
Berinteraksi dengan lingkungan,
·
Bila tiba masanya, manusia akan mati,
·
Dan kelebihan manusia yang utama dan
beda dari yang lainnya adalah Rohaninya, yakni akal budi dan kemauannya yang
sangat kuat sehingga manusia dapat mengembangkan kemampuan ilmu pengetahuan dan
tekhnologi.
3. Jelaskan
Pseudo Science dan contoh penerapan
di sekitarmu?
Pseudo
Science adalah Ilmu pengetahuan, metodologi, keyakinan, atau praktek yang
diklaim sebagai ilmiah tetapi tidak mengikuti metode ilmiah dan seringkali
berbenturan dengan ilmu Ilmiah.
Contoh
penerapan : mitos masyarakat desa atau tradisi lokal masyarakat akan ilmu semu
tersebut tapi dapat diyakini dan terkadang memang dapat di nalar akan
kebenarannya, seperti halnya dengan Horoskop atau ramalan Bintang yang sering
kali dipercayai hingga saat ini, Gunung api meletus yang katanya orang-orang
sepuh kalau dewa sedang marah atau murka, terjadinya Gerhana Bulan mitos
katanya bahwa Bulan di makan Raksasa, dan masih banyak contoh-contoh Pseudo
science di kehidupan Masyarakat.
4. Cain
dan Evans (1990) menyatakan bahwa IPA mengandung empat hal. Berikanlah
penjelesan dalam bentuk bagan dan contohnya?
IPA
menurut Cain dan Evans mengandung empat hal, yaitu konten, proses, sikap, dan
tekhnologi. IPA sebagai Konten atau Produk berarti bahwa di dalam IPA terdapat
fakta-fakta, hukum-hukum, prinsip-prinsip, dan teori-teori yang sudah di terima
kebenarannya, contoh Rumus-rumus pelajaran. IPA sebagai proses atau metode
berarti bahwa IPA merupakan suatu proses atau metode untuk mendapatkan
pengetahuan, contoh rasa ingin tahu manusia dengan membuktikan kebenaran pensil
yang dimasukkan ke dalam air terlihat bengkok. IPA sebagai sikap berarti bahwa
IPA dapat berkembang karena adanya sikap tekun, teliti, terbuka, dan jujur,
contoh dengan sikap berusaha mencari kebenaran dengan beberapa metode. IPA
sebagai teknologi mengandung pengertian bahwa IPA terkait dengan peningkatan
kualitas kehidupan,contoh IPTEK semakin pesat.

5. Buatlah
contoh rumusan masalah, hipotesis, variabel penelitian, devinisi operasional
variebel dalam penelitian sejarah?
A. Rumusan
masalah, saya mengambil judul “PENGHORMATAN MASYARAKAT TUBAN TERHADAP
RONGGOLAWE (MAKAM ISLAM)”
1. Apa
Peran Ranggalawe bagi Majapahit dan Kota Tuban?
2. Kenapa
Ranggalawe sering disebutkan sebagai Pemberontak?
3. Mengapa
Ranggalawe dimakamkan secara Islam?
B. Hipotesis
1. Peran
Ronggolawe andil dalam babad Majapahit
2. Pemberontakan
Ronggolawe terhadap Majapahit, disebut pahlawan atau pemberontak.
3. Sebagai
penghormatan masyarakat Tuban terhadap jasa Ronggolawe.
C. Variabel
Penelitian
1. Variabel
Kontrol, karena saya dalam penelitian ini menjaga dan menggunakan metode yang
dapat mempengaruhi penelitian sebelumnya tentang Ronggolawe sebagai Pahlawan,
dengan menggunakan Prosedur penelitian yang benar. Mengumpulkan Sumber-sumber
yang di dapat dan mengkaji dan tidak memanipulasi sumber yang di dapat, agar
penelitian yang dihasilkan memang benar adanya tanpa ada manipulasi variabel.
D. Devinisi
Operasional Variabel
1. Pemberontakan
Ronggolawe yang di anggap sebagai pemberontak, karena Ronggolawe melakukan
perlawanan terhadap Raja dan melawan dengan menyerang Majapahit.
2. Penghormatan
Ranggalawe, karena banyak peran yang diberikan Ranggalawe pada awal pembabatan
Hutan,dan juga ikut mengusir tentara Tar-tar. Sehingga Dia merasa Gelar akan
Imbalan yang di dapat dari Raja tidak sesuai yang dijanjikan. Pengabdian
Ronggolawe dari awal hanya untuk Majapahit, tetapi di adu domba oleh Mahapati.
Sehingga Ronggolawe di kira memberontak. Penghormatannya bagi masyarakat Tuban
karena Ronggolawe seorang Adipati dan dimakamkan Islam, karena pada saat itu
penyebaran Islambelum menyebar menyeluruhdi Jawa sehingga keturunan yang
menjabat Buoati memakamkan Ronggolawe secara Islam agar dapat selalu dikenang oleh
masyarakat Tuban.
6. Bedakan
Zaman Paleolithikum, Zaman Mesolithikum, Zaman Megalitikum dalam bentuk tabel.
PERBEDAAN dan PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN ZAMAN BATU
DI INDONESIA
ZAMAN
|
CIRI
KEHIDUPAN MASYARAKAT
|
HASIL
KEBUDAYAAN
|
Paleolithikum
|
a.
Alat-alat kasar
b.
Nomaden
c.
![]()
d.
Berkomunikasi dengan bahasa
isyarat
e.
Kebudayaan masih primitif dan
sederhana
f.
Belum tahu cara bercocok tanam
|
Kebudayaan
Pacitan:
a.
Kapak genggam (chooper)
b.
Alat serpih (flakes)
Kebudayaan
Ngandong :
a. Alat
serpih (flakes)
b. Kapak
genggam
c. Alat-alat
dari tulang dan tanduk
|
Mesolithikum
|
a.
Berburu dan menangkap ikan
(food-gathering)
b.
Hidup mulai menetap (semi
sedenter) digua-gua
(Abris sous Roche)
c.
Alat-alat yang digunakan mendapat
pengaruh dari daratan Asia yang merupakan pengembangan alat-alat zaman
palaeolitikum
d.
Meninggalkan sampah dapur
(kjokkenmoddinger)
e.
Mulai bercocok tanam secara
sederhana
|
Kebudayaan
Bandung
a.
Flakes dari obsidian
b.
Microlith (batu kecil)
c.
Pecahan tembikar
d.
![]()
Kebudayaan
Bacson-Hoabinh
a.
![]()
Kebudayaan
Flake
a.
Alat serpih (flakes)
b.
Alat-alat tulang
c.
![]()
Kebudayaan
Bone
a.
![]()
Kebudayaan
Pebble
a. Pebble (kapak
Sumatralith)
b. Hache courte (kapak
pendek)
c. Kjokkenmoddinger (sampah
dapur)
d. Pipisan (batu
penggiling)
|
Megalitikum
|
a. Hidup
menetap dan berkelompok
b. Membuat
kebudayaan dengan batu besar
c. Mengenal
kepercayaan
d. Mengenal
langkah ilmiah
|
a. Menhir
b. Dolmen
c. Sarkofagus
d. Kubur
batu
e. Punden
berundak
f. waruga
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar